Keuntungan dan Kerugian Koalisi Parpol


Didalam perhelatan demokrasi tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita mendengar atau menyaksikan di layar televisi adanya Koalisi partai. karena memang kesempatan untuk memenangkan pemilihan rata-rata di raih oleh parpol yg berkoalisi. pasal 6A (2) UUD 1945 yang menyatakan bahwa Pasangan Presiden dan Wakil Presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik. Dari pasal tersebut tersirat bahwa Indonesia menganut sistem multi partai karena yang berhak mencalonkan pasangan calon presiden dan wakil presiden adalah partai politik atau gabungan partai politik.

Adapun keuntungan adanya koalisi yaitu : 
1. Bagi parpol akan menjadikan koalisi sebagai penyatuan kekuatan, ibarat sapu lidi yg satu demi satu setelah digabung menjadi satu akan kuat dan kokoh. 
2. Akan mampu mewakili berbagai kepentingan di dalam Parpol itu sendiri., istilahnya bagi hasil nantinya jika sudah menang. 
Mungkin keuntingan koalisi ini hanya mengarah kepada kepentingan parpol itu saja.
3. Dengan adanya koalisi kemungkinan partai koalisi akan mendukung jalannya pemerintahan, sehingga tercipta kerja sama yang baik untuk kemajuan bangsa. 

Kerugian adanya koalisi : 
Sudah jelas jika sudah koalisi seperti yang saya katakan diatas , maka setelah parpol koalisi menang tentu kursi jabatan akan di bagi juga, yang mengkawatirkan adalah mereka lupa kepada kewajiban mereka untuk mengabdi kepada bangsa ini, karena mereka hanya sibuk dengan urusan menjaga keutuhan di dalam kubu koalisinya. mereka sibuk memenuhi janji-janjinya kepada partai yang berkoalisi itu. jadi sisi kepentingan partai terlalu domianan. 
Tidak semua koalisi bersifat permanen, tapi malah setelah berjalannya pemerintahan, partai ini melepaskan diri dari koalisi sehingga itu akan menyebabkan kurangnya dukungan terhadap pemerintahan yang ada. 
Dalam politik Indonesia sekarang ini, tidak ada perjuangan berdasarkan ideologi tertentu, tidak ada perjuangan menciptakan kebaikan umum, karena yang ada hanyalah bagaimana bisa meraih kursi kekuasaan.
Adapun solusi yang bisa ditawarkan untuk memecahkan masalah ini yaitu : 
1. Merubah sistem kepartaian
2. Mengurangi jumblah Parpol
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

0 comments :: Keuntungan dan Kerugian Koalisi Parpol

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...